Reboisasi sekaligus Bersih-bersih Sampah di Gunung Api Purba Nglanggeran

Rdk. Sudadi 24 Februari 2020 11:26:54 WIB

(nglanggeran-patuk.desa.id)Acara rutin yang dilakukan setiap hari Sabtu di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran ialah melakukan acara bersih-bersih di sekitar kawasan dari parkiran bawah hingga puncak Gunung Gedhe. Kegiatan yang dilakukan dengan membersihkan sampah-sampah plastik yang berserakan atau yang sengaja dibuang sembarangan oleh pengunjung di kawasan Gunung Api Purba. Selain itu, ada kegiatan yang menarik selain kegiatan bersih-bersih sampah,yaitu menanam pohon buah di sepanjang jalan menuju puncak.
Tujuan dari kegiatan penanaman pohon buah adalah untuk menjaga keseimbangan ekosistem yang ada di Gunung Api Purba Nglanggeran. Banyaknya habitat yang hidup di kawasan tersebut membuat pengelola melakukan penanaman pohon-pohon buah untuk menjaga ketersedian buah bagi monyet ekor panjang. Sebab jika ketersediakaan makanan di gunung menipis atau habis maka monyet-monyet tersebut akan turun ke pemukiman warga untuk mencari makanan. Biasanya mereka akan mencuri buah-buahan dari pepohonan warga atau mencuri makanan di perumahan warga yang mereka lihat.
Hal ini tentu sangat merugikan bagi masyarkat sekitar sehingga pihak pengurus dan pengelola melakukan reboisasi tanaman buah seperti menanam tanaman Kersen (Talok), Mulberry, dan tanaman Kuweni yang merupakan tanaman yang dapat tumbuh di Gunung Api Purba Nglanggeran. Sehingga harapan dari reboisasi ini selain untuk penghijauan juga ,agar monyet tersebut tidak turun untuk mencuri makanan dan mengganggu warga dan pohon tersebut dapat juga digunakan pengunjung sebagai tempat berteduh ketika naik atau melakukan pendakian di Gunung Api Purba Nglanggeran.(Anita)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Kunjungan Destinasi Wisata

Gunung Api Purba

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL(Tahun Ini)
Update : 08 April 2020 15:02:10 WIB

Embung

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL(Tahun Ini)
Update : 08 April 2020 15:02:10 WIB

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

HITUNG MUNDUR PILKADA GUNUNGKIDUL 2020

Video Profil Nglanggeran

Polling SIDA-Nglanggeran

Bagaimana menurut anda informasi dari website SIDA-Nglanggeran ini?
Sangat Baik
Baik
Kurang Baik
Sangat Kurang

wa

Translate

Instansi Terkait

Responsive Image Slider

Lokasi Nglanggeran

tampilkan dalam peta lebih besar